RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik :
Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan ke : 1
Semester : 2
(dua)
Alokasi waktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI
DASAR
AGAMA
1.1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk
pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1
Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA
INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh,
pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan
menyayangi makhluk hidup
2.4 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui
pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami
isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain dengan penuh perhatian dan mengajukan
pertanyaan
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata
benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun
ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan
tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangun
datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan
papan berpaku atau media lainnya
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,
DAN KESEHATAN
2.2
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama
pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA,
DAN PRAKARYA
1.1
Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud
rasa syukur kepada Tuhan
2.1
Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri
dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2
Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik
ritmis
C.
INDIKATOR
AGAMA
1.
Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.
Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3.
Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4.
Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1.
Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.
Melaksanakan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
5. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.
Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci
tangan.
7.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9.
Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10.
Menyebutkan urutan peristiwa
11.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.
Berposisi duduk secara benar
15.
Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16.
Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Menata dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2. Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3. Menceritakan bentuk
bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
1.
Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan
Tuhan
2.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni
sebagai anugerah Tuhan
3.
memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
4.
merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.
menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar
dengan berkarya
6.
Mengenal judul lagu dan iringannya
D.
TUJUAN
1.
Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2.
Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
5. Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6.
Menata dengan
rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
9.
Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
10.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan
lingkungan sebagai anugerah Tuhan
E.
MATERI
AGAMA
1.
Bacaan do’a sebelum belajar
2.
Bacaan do’a sesudah belajar
3.
Sikap berdo’a sebelum belajar
4.
Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1.
Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku
patuh di sekolah.
3.
Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari hari di
sekolah.
4.
Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan
pelaksanaan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Lafal
teks doa dengan jelas
5. Lafal &
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.
Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur
yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan
bersih.
8.
lingkungan sehat dan tidak sehat
9.
Nama-nama tempat dalam cerita
10.
Urutan peristiwa
11.
Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Kalimat
yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.
Posisi duduk secara benar
15.
Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16.
Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Dengan mengamati cara penataan benda di sekitar,
siswa dapat menata dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2.
Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat
yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.
Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun
ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama
1.
Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.
Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
3.
Lingkungan sekitar secara seksama
4.
Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.
Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.
Lagu Lihat
Kebunku
F.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak
4.
Mengajak Semua Siswa
menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
5.
Dilanjutkan dengan bertanya
jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di
kalau pagi
6.
Meminta informasi dari siswa
mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya
tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
pembelajaran.
7.
Menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Menayangkan gambar tentang
lingkungan bersih dan sehat dan lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat. (eksplorasi,
mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar rumah sehat mencakup
ciri-ciri:
·
Rumah kecil dengan ventilasi
cukup
·
Ada teras rumah
·
Ada halaman cukup
·
Taman mungil yang asri
·
Tidak ada sampah yang
bertebaran
·
Di pojok halaman ada peralatan
untuk membersihkan halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu
lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:
·
Tidak memiliki ventilasi yang
cukup
·
Tidak memiliki teras/berbatasan
langsung dengan jalan raya
·
Tidak memikliki taman atau
tanaman hijau
·
Tidak terdapat alat-alat
kebersihan
·
Tidak terawat, kotor, dan banyak
sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang
ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat
dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·
Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada
siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam
menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain yang
tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan
sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan
tidaknya jawaban.
|
||
3.
Guru menugaskan siswa untuk
membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
4.
Diawali dengan memberi contoh
cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca
(mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca
dengan benar
5.
Selanjutnya menugaskan siswa
secara bergantian untuk membaca TEKS
·
(penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca
(sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada siswa yang salah
dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa
yang lain
6.
Bertanya jawab tentang makna
bacaan / Teks ( menalar )
7.
Melalui pengamatan gambar
rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan
rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan
menalar)
|
||
8.
Guru mengelompokan siswa
berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda
dari kelompok)
9.
Siswa berkelompok sesuai dengan
nomor yang dimiliki.
10.
Guru membagi gambar kepada
masing-masing kelompok
11.
Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar
dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar,
yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
mengkomunikasikan)
12.
Siswa diminta untuk
menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
13.
Setelah tercapai kesepakatan
dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan
yang lain (TPS)
|
||
Penilaian proses:
a.
Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
tugas.
b.
Menilai kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.
Menilai dengan lembar
pengamatan perilaku.
|
||
Gambar-gambar untuk Example
non Example
Kelompok gambar kebersihan
kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan
debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan
rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel
lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat
tidur
·
Gambar kegiatan membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan,
ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan
membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
||
14.
Semua kelompok mengamati, memikirkan
dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
15.
Guru memanggil salah satu
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memberi kesempatan kelompok
lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
||
16.
Mengajak semua siswa berdiri
dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” untuk mencairkan suasana dan kepenatan
setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa
dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang
benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam
menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi,
semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
||
17.
Guru mengajak bertanya jawab tentang
makna lagu. Bahwa salah satu dampak
dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat,
mendatangkan penyakit. Dsb
|
||
18.
Menugaskan siswa untuk
bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
|
||
Guru
Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
||
19.
Guru dan siswa bersama-sama
siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat
|
||
20.
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa
ditempel di papan yang
|
||
Dilanjutkan dengan menasehati
siswa agar membiasakan hidup sehat
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
4.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
|
||
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku TematikKelas I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan
bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·
Gambar/contoh langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk
·
Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan
tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
·
Buku kirigami (seni mengunting)
·
Buku Pengembangan Diri Anak
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian
Hasil Belajar
· Pilihan
ganda
· Isian
singkat
· Esai
atau uraian
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP
............................................. NIP ........................................
Tidak ada komentar :
Posting Komentar