PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH
DISUSUN OLEH
SUHSDS, S.Pd
KEPALA SD NEGERI DATAR 03
KECAMATAN DAYEUHLUHUR
KABUPATEN CILACAP
2014
KATA PENGANTAR
DISUSUN OLEH
SUHSDS, S.Pd
KEPALA SD NEGERI DATAR 03
KECAMATAN DAYEUHLUHUR
KABUPATEN CILACAP
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya
jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2013/2014
pada SD Negeri Datar 03
Program Supervisi
Tahun pada SD 2013/2014 pada SD Negeri Datar 03ini disusun dengan latar
belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus
dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi.
Pogram Supervisi tahun 2013/2014 ini meliputi Supervisi Manajerial dan
Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan
Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan
administrasi sekolah.
Harapan kami semoga
Program Supervisi Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat terlaksana dengan efektif dan
bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan
setiap unit kegiatan dan administrasi sekolah.
Terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2013/2014
ini terutama Bp Kepala UPT Disdikpora Kec. Dayeuhluhur dan Pengawas TK/SD yang
memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.
Datar, Januari 2014
Kepala SD Negeri Datar 03
BAB 1
P E N D A H U L U A N
1.
A. Latar Belakang.
Permendiknas Nomor 13
Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar
Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian,
kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan
kompetensi sosial.
Penjabaran kompetensi
supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang
dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka
peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru
dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti
hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan
profesionalismenya.
Mencermati hasil
analisis Program Supervisi Tahun 2013/2014 pada SD Negeri Datar 03 secara
umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan
kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti masih
adanya guru yang belum melengkapi administrasi penunjang pembelajaran dll.
Karena itu dalam
rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu
disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan
rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil
supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan
dalam kegiatan akademis di SD Negeri Datar 03
1.
B. Landasan Hukum.
1.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional
2.
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan
4.
Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah
5.
Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru
6.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
C. Tujuan.
Penyusunan Program
Supervisi Tahun2013/2014 SD Negeri Datar 03 ini bertujuan sebagai berikut
:
1.
Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri
Datar 03
2.
Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya sebagai pendidik
3.
Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata
pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
4.
Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga
dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan
SD Negeri Datar 03 yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan
kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekola
D. Ruang Lingkup.
D. Ruang Lingkup.
Adapun ruang lingkup
Program Supervisi Tahun 2013/2014 pada SD Negeri Datar 03 adalah :
1.
Supervisi Akademis :
·
Kelengkapan Administrasi :
1.
Silabus
2.
Rencana Program Pembelajaran (RPP)
3.
Jadwal pelajaran
4.
Progam Tahunan
5.
Program Semester
6.
Program Bimbingan
7.
Daftar Nilai
8.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
9.
Daftar Penyerahan Rapor
10.
Buku Keliling
11.
Bank Soal
12.
Analisis Nilai Ulangan
13.
Analisis Soal Ulangan
14.
Batas Pelajaran
15.
Buku Remedial dan pengayaan
16.
Buku Daftar Kelas
17.
Absen
18.
Daftar Piket Siswa
19.
Buku Keuangan Siswa
20.
Buku Inventaris Kelas
21.
Buku Agenda/ rapat guru
22.
Buku Tamu
23.
Data Dinding
·
Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
·
Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
·
Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
·
Pelaksanaan Pembelajaran
1.
Supervisi Internal Manajerial :
·
Administrasi Tata Usaha
·
Kurikulum
·
Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
·
Sarana/Prasarana
·
Perpustakaan
·
UKS
·
Laboratorium
BAB II
RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2013/2014
A. Rencana Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2013/2014
Pelaksanaan Supervisi
Akademis Tahun Pelajaran 2013/2014 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi
dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya diharapkan akan
memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output
proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di
kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
1.
Peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan
(KTSP)
2.
Kelengkapan Administrasi guru
3.
Adanya manajemen yang baik dalam pelaksanaan kegiatan belajar
disekolah maupun kegiatan penunjang lainnya.
Agar pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2013/2014 ini berlansung efektif
dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi
terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas Pendidikan TK/SD, dan Guru-Guru Senior
yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .
.
B. Jadwal Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2013/2014
.
Jadwal Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2013/2014 disusun dengan
mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan
Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis Semester
Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :
1.
C. Rencana Supervisi Manajerial Internal
Pelaksanaan Supervisi
Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan
yang ada dalam jajaran manajerial SD Negeri Datar 03. Pelaksanaannya dilakukan
bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas pada setiap unit dengan
target utama adalah pembenahan pada :
·
Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
·
Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri yang
solid
·
Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
·
Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·
Peningkatan sistem informasi manajemen
·
Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan orang tua siswa dan
pihak lain
·
Peningkatan Manajemen Pengelolaan UKS dan Labor serta
optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
·
Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi layanan
konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
BAB III
P E N U T U P
Demikianlah program supervisi SD Negeri Datar 03 ini disusun dengan harapan
dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan sekolah dan kualitas
pembelajaran pada setiap program keahlian di SD Negeri Datar 03. Pada akhir
tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya
sebagai dasar penyusunan program supervisi SD Negeri Datar 03 tahun
pelajaran 2013/2014
Tidak ada komentar :
Posting Komentar